Minggu, 20 Januari 2013

Refleksi pembelajaran Analisis Sistem Informasi Selama 1 Semester

Tidak terasa, setelah lama tidak menulis blog, ini merupakan postingan tugas terakhir saya mengenai Analisis sistem Informasi, tetapi tidak menutup kemungkinanan saya akan membuat postingan-postingan diluar dari tugas yang diberikan.

Pertama-tama saya sangat berterimakasih kepada Pak Sofyan yang telah mengajarkan kami mengenai Analisis sistem informasi, serta membagi ilmu-ilmunya yang sangat berharga untuk kami, yah Pak Sofyan lah yang selama ini saya sebut sebagai "Dosen kami" pada postingan-postingan saya terdahulu

Sebelum diajar oleh Pak Sofyan banyak rumor yang beredar, bahwa jika Pak Sofyan mengajar tidak boleh ada yang menguap, bisa-bisa anda langsung dikeluarkan dari ruangan, wah mengerikan sekali pikir saya begitu.

Tetapi setelah bertemu langsung dalam ruangan kelas, ternyata eh tenyata rumornya tidak benar, malah sistem pembelajaran dari Pak Sofyan itu fun, dan mudah dimengerti , walaupun pada awalnya saya kurang paham dengan materi materi yang diajarkan tetapi karena kami di berikan games maupun pameran tugas, pada setiap pokok materi , itu membuat saya lebih memahami materi yang diajarkan, dan juga kadang-kadang Pak Sofyan menyelipkan lawakan-lawakan yang membuat kami semua tertawa.

Setiap minggunya kami selalu dihadiahkan tugas menulis blog dan tugas kelompok, dimana kelompoknya sudah ditetukan diawal pertemuan , dalam membuat tugas kelompok ini, kami juga menjadi lebih memahami materi, karena kami dapat bertukar pikiran dengan teman kelompok, dalam mengerjakan tugas kelompok juga banyak halangan dan rintagan, mulai dari hujan, menentukan jadwal kerja tugas sampai rumah teman yang jauh.

Ada satu komentar yang membuat saya tertawa, yaitu komentar dari salah satu kakak teman kelompok saya, dimana dia mengatakan " kenapa tugas kelompokmu tidak selesai-selesai? setiap minggu selalu kerja kelompok", padahal tugas yang dikerjakan berbeda tiap minggunya, yah mungkin begitulah cara Pak Sofyan memberikan kami tugas yang banyak  untuk memudahkan kami mengerti materi yang sedang kami pelajari, seperti membuat ERD,DFD,Model data,Proses bisnis, Function partitioning dll.

Terlepas dari apa yang telah saya pahami pastinya masih ada yang belum terlalu saya pahami dalam mata kuliah ASI ini, dan bagi saya yang agak kurang saya pahami itu adalah membuat Software Requirements Specifications apalalagi menentukan specific requirementnya, dimana kami harus menentukan Functional requirement,Performance requirement,Security requirement, desaing constraint dan reliablity pada sebuah perusahaan rental mobil. Sampai-sampai saya dan teman kelompok dibikin bingung dan membuat saya hampir tidak tidur semalaman memikirkan dan mencari pencerahan dari internet apa yang harus dimasukan dalam specific requirement tersebut.

Entah karena tidak dipamerkan seperti tugas-tugas lain maupun diberikan games, sehingga membuat saya kurang mengerti, tetapi saya akan terus belajar mengenai SRS ini, jangan salah loh, saya hanya kurang mengerti bukan berarti tidak tau, buktinya saya dan teman kelompok berhasil menyelesaikan tugas SRS
tepat waktu karena kekompakan kelompok kami dan tentunya bantuan dari internet hahaha.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan , semoga apa yang saya telah pelajari dapat saya manfaatkan dengan baik, dan tentunya tidak bosan-bosanya saya berterima kasih kepada Pak Sofyan yang telah mengajarkan kami mengenai Analisis Sistem Informasi.



-Great is the art of beginning, but greater is the art of ending
ADIOS AMIGOS~

0 komentar: