Minggu, 20 Januari 2013

Refleksi pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Selama 1 Semester

Baru saja saya menulis postingan mengenai Refleksi Pembelajaran ASI Selama1 Semester, seperti postingan saya sebelumnya postingan ini akan menjadi postingan tugas terakhir saya mengenai Rekayasa Perangkat Lunak.

Sekali Lagi saya berterima kasih kepada Pak Sofyan berhubung dosen yang mengajarkan kami mengenai Rekayasa perangkat lunak adalah Pak Sofyan juga.Yah seperti postingan saya sebelumnya, banyak rumor yang beredar mengatakan bahwa Pak Sofyan itu adalah Dosen Killer, tetapi pada kenyataannya diajar oleh Pak sofyan itu fun dan mudah dimengeri.

Proses pembelajaran dalam Rekayasa Perangkat Lunak tidak jauh berbeda dari proses pembelajaran ASI, dimana kita diberi games maupun tugas yang akan dipamerkan di dalam kelas, tetapi yang menjadi perbedaan disini iyalah adanya tambahan mahasiswa dari jurusan TI dan tidak ada tugas kelompok yang dikerjakan di luar jam pelajaran, semua dikerjakan pada jam pelajaran, dan itu membuat kami mengerjakan semua tugas dengan terburu-buru dan harus berpikir cepat, sehingga kadang kami salah dalam membuat tugas san menjadi bingung, tetapi ada baiknya juga sih, kita menjadi lebih sigap dalam melakukan sesuatu.

Kami mengerjakan tugas pada jam pelajran bukan tanpa sebab, ini semua karena kesalahan kami juga, karena kami tidak bisa mencocokan jadwal dengan anak-anak TI yang ikut dengan kelas kami sehingga pak Sofyan memberikan solusi seperti ini,

Dalam pelajaran Rekayasa perangkan lunak, banyak kejadian kejadian yang terjadi selama 1 semester ini, yang paling tidak terlupakan itu kami di suruh membeli buku RPL sebagai hukuman karena tidak membaca materi yang disuruhkan oleh Pak Sofyan, dan satu lagi, kami di suruh bermain game SimSE yang menjadi tugas mid, SimSe ini sangat membantu dalam pembelajaran materi yang diberikan.

Karena materi Rekayasa perangkat lunak tidak jauh jauh dari ASI maka saat belajar RPL saya tidak lagi kesulitan, bahkan menjadikan saya lebih mengerti pada kedua pelajaran ini, karena ada beberapa "Siaran Ulang" yang diajarkan Pak Sofyan pada RPL yang sebelumnya telah diajarkan di ASI, apalagi dengan adanya pembuatan blog, saat menulis postingan kita pasti akan kembali mengigat pelajaran yang diajarkan dan membuat kami lebih mengerti.

Secara keseluruhan , saya dapat menagkap materi materi yang diajarkan, dan tidak terlalu kesulitan, tetapi ada satu materi yang diajarkan sangat terburu-buru yaitu User Interface karena waktu yang juga mepet menjadikan saya sedikit kurang paham, dan waktu itu pun ketika Pak Soyan memberikan tugas membuat user inerface saya salah melakukan pendekatannya, tetapi setelah di koreksi oleh Pak Sofyan, saya menjadi lebih paham.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan , semoga apa yang saya telah pelajari dapat saya manfaatkan dengan baik, dan tentunya tidak bosan-bosanya saya berterima kasih kepada Pak Sofyan yang telah mengajarkan kami mengenai Rekayasa Perangkat Lunak


                                                       Moh. Sofyan S.Thayf, S.T., M.Cs.


-Great is the art of beginning, but greater is the art of ending
ADIOS AMIGOS~

0 komentar: