Kamis, 01 November 2012

Proses Bisnis ( Business Process )

Kali ini postingan saya membahas mengenai proses bisnis, terlebih dahulu kita harus tahu apa sih proses bisnis itu?, menurut pemahaman saya proses bisnis merupakan kumpulan dari suatu aktivitas yang tersturktur dan saling terkait satu sama lain untuk meraih tujuan tertentu dimana diperuntukan bagi kalangan tertentu.

Terdapat tida jenis proses bisnis, yang pertama yaitu proses manajement (mengendalikan operasional dari sebuah sistem), kemudian ada proses operasional (meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran nilai utama) dan yang terakhir yaitu proses pendukung dimana berperan untuk mendukung proses inti.




Dosen kami memberikan tugas membuat kemudian mengambar proses bisnis dari sebuah perusahaan penyewaan mobil ( rental mobil ), seperti biasa kami mengerjakan tugas ini dengan kelompok masing-masing, dimana kami harus menunjuk siapa yang akan menjadi pimpinan dan yang menjabat sebagai kepala devisi-devisi yang ada, saya sendiri ditunjuk menjadi pimpinan, kemudian ada nico di bagian devisi service (garasi), jeny di bagian kasir, mellisa di bagian promosi, dan lily pada bagian administrasi.

Sewaktu kami mengerjakan tugas ini bersama-sama, awalnya kami sedikit bingung dan ada perbedaan pendapat, namun setelah berdiskusi kembali akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini, dimana kami membuat 3 event dari proses bisnis rental mobil. yang pertama event penyewaan, lalu pengembalian dan yang terakhir promosi.

Pada pertemuan berikutnya tugas kami harus dikumpul dan di tempel pada dinding ruangan kelas, seperti biasa kami menjelaskan tugas ini dalam bentuk stand,kemudia dosen kami memilih nomer yang sebelumnya sudah kami pilih, entah kenapa selalu saja nomor saya yang terpilih dan akhirnya harus menjaga stand kelompok, dimana tugas saya sebagai penjaga stand harus menjelaskan dan menerima masukan serta menjawab pertanyaan dari kelompok-kelompok lain.

Ada beberapa masukan dari angota kelompok lain, yaitu , karena kami hanya membuat 3 event sebaiknya proses yang terjadi pada setiap event harus lebih detail lagi, agar mudah dimegerti, menurut saya masukanya cukup bagus dimana itu dapat memperbaiki tugas kami nantinya.

Berikut ini gambar dari tugas kelompok kami.



Yang ingin saya ketahui yaitu mengenai cara membuat proses bisnis yang efektif dan efisien.
sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar: