Senin, 08 Oktober 2012

Software

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu Software, yang saya dapat simpulkan dari penjelasan dosen kami iyalah, software merupakan seperangkat item maupun objek yang membentuk suatu konfigurasi, dimana didalamnya terdapat program,data, serta dokumen.

Dosen kami juga menjelaskan bahwa software sendiri memiliki karakteristik yaitu :

1. Software adalah engineered
       Artinya jika ingin membuat sebuah sofware maka tidak langsung dibuat begitu saja, melainkan harus terlebih dahulu di ukur sesuai dengan kebutuhan oleh user.

2. Software itu tidak habis dipakai / lapuk
       Software itu dibuat untuk jangka waktu yang panjang

3. Software itu kompleks
       Dalam pembuatan software, banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, sebelum software itu dibuat.

4. Software adalah pembeda
        Artinya software itu bisa menjadi pembeda atau menjadi ciri khas dari user yang memakainya, dimana pada setiap software memiliki ciri-ciri tertentu.

5. Software itu seperti pabrik yang menua
        Artinya software itu akan "out of date" dimana pada titik tertentu software itu tidak dapat digunakan lagi karena tidak lagi memenuhi kebutuhan user.

Memang pada poin ke 5 dan poin ke 3 sangat bertolak belakang, oleh sebab itu sebaiknya jika ingin membuat software maka buatlah software yang dapat diupdate sehingga jika kebutuhan user meningkat software pun dapat ditingkatkan juga.

Software sendiri memiliki beberapa jenis, berikut macam-macam software :

  • System Software                        : software yang melayani software lain
  • Real-time Software                     : software yang mengolah data berdasarkan saat itu juga
  • Bussines Software                      : software yang digunakan dalam dunia bisnis
  • Engineering/scientific Software    : software yang dipakai untuk keperluan teknis dan sains
  • Embedded Software                   : software yang dimasukkan kedalam perangkat keras
  • Pc Software                              : software yang digunakan untuk kebutuhan personal komputer
  • Al Software                               : software yang digunakan untuk melakukan prediksi
  • Web Applications                       : software / aplikasi yang berbasis web



Selanjutnya kami diberikan games oleh dosen kami, dimana dosen kami membagikan potongan kertas yang didalamnya bertuliskan 2 macam bahan, kami di suruh untuk membuat sesuatu dari 2 bahan tersebut, dan menuliskan tujuan dari bahan tersebut, saya sendiri mendapatkan kertas yang bertuliskan kaca dan kerikil, awalnya saya bingung harus membuat benda apa dari 2 bahan tersebut, kemudian saya memilih untuk membuat akuarium.

Kemudian kami ditugaskan untuk mencari 1 orang untuk menjadi partner ,dimana kita harus menebak apa bahan dan benda yang dibuat oleh partner kami dengan benar, kami dapat mengajukan pertanyaan kepada partner kami tetapi dengan catatan ,partner kami hanya dapat menjawab ya atau tidak.

Tujuan dari games ini tidak lain dan tidak bukan untuk mengasah kemampuan kami dalam berkomunikasi kepada client yang akan bekerjasama dengan kita apabila, kita menjadi seorang programer.

Diakhir pertemuan kami diperlihatkan gambar mengenai software proses, dimana proses tersebut bernama waterfall model, saya sangat penasaran tentang apa itu waterfall model, yang ingin saya tanyakan iyalah mengenai waterfall model lebih dalam lagi.


0 komentar: